Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 manfaat teh hijau jepang untuk kesehatan

 

manfaat teh hijau

 Anda pasti sudah tak asing dengan teh hitam yang memiliki manfaat baik untuk kesehatan.Jika di jepang teh hitam di sebut koucha tetapi yang paling terkenal teh hijau jepang adalah maccha yang baik untuk kesehatan.Khususnya untuk kesehata kulit dan menurunkan berat badan.

Sejak jaman dulu teh hijau adalah minuman yang paling banyak di konsumsi Negara matahari terbit.Namun,seiring perkembangan jaman,teh hijau mulai dipasarkan di berbagai belahan negara,termasuk negara kita indonesia.Meskipun teh hitam lebih banyak dikonsumsi kalayak umum,tapi teh hijau jepang mulai digemari indonesia khususnya perempuan.hal ini dikarenakan manfaat teh dijau untuk kesehatan kulit dan wajah.


 Umunnya teh hijau mengandung kandunganplofenol

  • vitamin C
  • vitamin K
  • flueride
  • kalium
  • kalsum
  • seng
  • flour
  • mangan dan 
  • L-teanim

Kandungan dari green tea ini tergantung daerah tumbuh hampir semua teh hijau memiliki kandungan yang sama.Jangan kuatir teh hijau aman untuk dikonsumsi dan memiliki manfaat untuk kesehatan.

Penelitian yang dilakukan pada bulan September 2006 oleh sejumlah peneliti dari Tohoku University School of Public Policy di Sendai, Jepang yang diketuai oleh Dr,Shinichi Kuriyama.

Yang fokus pada khasiat teh hijau dalam membantu menurunkan resiko kematian yang diakibatkan penyakit kardiovaskular.Menghasilkan manfaat penurunan kematian dari penyakit kronis pada manusia

Berikut beberapa contoh teh hijau yang ada di  jepang:


maccha


1.Maccha 

Manccha merupakan salah satu teh jepang kualitas tinggi karena dibuat dari bahan tencha.proses pembuatannya tencha dikukus lalu dipsahkan dengan ampasnya setelah itu ditumbuk halus menjadi bubuk teh.

cara penyajian tradiosnal teh di beri dengan air secukupnya lalu diaduk dengan alat khusus secara manual sampai sedikit berbusa,tapi sekarang ada juga dalam bentuk kemasan tanpa harus diaduk dan tidak ribet. 


sincha teh hijau jepang


2.Shincha

Teh ini dipetik pada awal musim dan rasanya manis dibandingkan dengan petikan berikutnya tegolong memiliki kuatitas yang bagus.


genmaichi teh hijau jepang


3.Genmaicha

Genmaicha sering disebut juga teh panggang,genmaicha merupakan teh yang dibuat dari kombinasi teh sencha dan bancha yang kemudian dicampur dengan genmai (beras).Meliki aroma yang sedap dan bermanfaat untuk kesehatan.

Masih ada banyak lagi teh jepang yang ada seperti teh bunga sakura dan lainnya yang tentunya juga sering dikonsumsi warga jepang serta baik untuk kesehatan 

Berikut manfaat teh hijau untuk kesehatan:


1.mencegah penuaan dini

Anti-oksidant dapat membantu melawan radikal bebas dan mencegah penuaan dini, tidak hanya menyehatkan tubuh.Tetapi juga baik untuk kecantikan khususnya pada wanita untuk lebih lengkapnya.

baca juga:6 manfaat teh hijau untuk wajah kencang,cerah dan bersih dari jerawat 

2.Mencegah kebotakan 

Teh hijau dapat membantu mengurangi rambut rontok bahkan kandungan zat aktif yang terkandung didalam teh dapat,membantu mumbuhkan rambut akibat kerontokan.

Untuk mendapat khasiat dari teh hijau anda cukup mengkonsumsi 1-3 gelas dalam satu hari.lakukan minum teh hijau  30 menit setelah makan.Proses dengan herbal ini tidak instap jadi harap bersabar.

Bagi yang memiliki penyakit lambung jangan minum teh pada malam hari karena dapat menimbulkan efek samping susah tidur.

Dan kurangi pemakaian gula secara berlebihan jika memungkinkan tanpa gula atau diganti dengan madu asli.Agar anda mendapatkan manfaat secara maksimal.

3.Mencagah radang gusi

Kandungan fluoride yang terdapat pada teh hijau mampu menjaga gusi dari peradangan.Dengan mengkonsumsi teh hijau secara teratur gusi anda akan lebih sehat dan terhindar dari penyakit radang gusi.

4.Murunkan kolesterol jahat

Teh hijau baik dikonsumsi untuk menurunkan kolestreol jahat,kandungan polifenol berkemukinan besar mampu membantu menghalangi usus menyerap kolesterol jahat sekaligus menyingkirkannya. 

5.melawan kanker

Plifenol juga berfungsi  untuk membantu membunh kanker  dan menghambat pertumbuhan kanker.mengkonsumsi teh hijau secara rutin khusunya, pada wanita dapat menurunkan resiko penyakit kanker ovarium dan kangker endometrium.

6.Menghilangkan stress

Kalian yang suka minum teh coba teh hijau ,kandungan L-teanim mampu memberikan efek baik relaksasi dan mengurangi perasaan stess,cemas yang dialami. 

7.Mencegah diabetes 

Bagi anda yang bermasalah dengan kadar gula (diabetes) coba minum teh hijau memiliki khasiat yang baik untuk membantu insulin serta membantu mengurangi kadar gula darah pada penderita diabetes.

Sebagai tambahan insulin merupakan hormon yang diproduksi oleh prangkeas yang berfungsi untuk mengubah glukosa(gula) yang menjadi energi.

Bagi yang miliki tekanan darah rendah  dianjutkan jangan mrngkonsumsi terlalu sering.Sebab,teh hijau memiliki manfaat lain utnuk menstabilkan tekanan darah tinggi.

8.Menguatkan daya ingat

L-teanim juga berfungsi untuk menguatkan daya ingat dan menurnkan kepikunan dini.Selain itu ada vitamin C yang mampu meningkatkan sistem kebabalan tubuh, cukup minum teh hijau secara teratur kalian akan mendapatkan manfaat yang satu ini.

9.Diet

Teh hijau memiliki manfaat untuk membakar gula pada tubuh, kadar katekin & L-teanim bagus untuk program diet kamu.Dengan secara efektif membakat lemak yang menumpuk.

10.Menyehatkan dan memperbaiki pencernaan 

Sudah sampai nomor 10 horeeey Kafein yang terdapat pada teh hijau memiliki manfaat yang baik untuk percernaan sama halnya dengan kafein kopi.

cukup sekian yang dapat kami jabarkan terima kasih atas waktu yang kalian sempatkan, untuk membaca artikel ini.

Salam Sehat Selalu.

nipon-eden
nipon-eden Minna blog informasi senikmat madu

Post a Comment for "10 manfaat teh hijau jepang untuk kesehatan"